Rabu, 23 Oktober 2019

Penolakan Perilaku Buruk - Yang Dapat Anda Lakukan

Penyangkalan itu serius. Ini adalah penolakan untuk mengakui kebenaran atau kenyataan. Itu dapat memiliki manfaat, tetapi penolakan juga bisa menjadi kehancuran kita dan memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa. Itu tidak hanya mempengaruhi individu. Penolakan dalam bentuk "pemikiran kelompok" dapat dengan berbahaya mengambil alih keluarga dan seluruh kelompok. Organisasi, sub-budaya, sekte keagamaan, dan fanatik politik dapat menyangkal pelecehan, kecanduan, rasisme, genosida, korupsi, dan kriminalitas.

Kita dapat menolak input positif dan juga negatif. Penolakan dapat membatasi ekspresi hak-hak kita, kekuatan kita, dan kemampuan kita, mengurangi harga diri dan kapasitas kita untuk mengejar tujuan kita.

Penyangkalan adalah mekanisme pertahanan

Penyangkalan adalah mekanisme pertahanan psikologis pertama dan paling sederhana. Biasanya, anak-anak menyangkal kesalahan untuk menghindari teguran. Saya ingat anak saya yang berusia 4 tahun menggelengkan kepalanya, sambil menyangkal dari mulut yang berlumur cokelat bahwa dia makan es krim pada dini hari. Orang dewasa juga menyangkal melakukan kesalahan, terutama politisi, penjahat, pelaku kekerasan, pecandu, dan pezina. Kebohongan sadar biasanya dimotivasi oleh pemeliharaan diri dan rasa takut akan hukuman. Meskipun tidak mengagumkan, mereka dapat dimengerti, meskipun kurang simpatik ketika dimotivasi oleh pencarian kekuasaan. Yang lebih menyusahkan adalah penolakan kita untuk memercayai mereka.

Biasanya, penolakan itu tidak disadari. Kita semua melakukannya. Mungkin sulit untuk menemukan sesuatu yang tidak disadari. Kita tidak hanya menipu diri kita sendiri, kita melupakan, memaafkan, merasionalisasi, dan memperkecil. Kita mungkin sadar akan fakta, tetapi menyangkal atau meminimalkan konsekuensinya, atau bahkan mengakuinya, tetapi dengan keras kepala menolak untuk berubah atau mendapatkan bantuan.

Kenapa kita menyangkal

Otak kita terhubung untuk bertahan hidup, dan penyangkalan melayani fungsi itu. Ada banyak alasan untuk penolakan, termasuk menghindari rasa sakit fisik atau emosional. Penyangkalan bersifat adaptif ketika hal itu membantu kita mengatasi emosi yang sulit, seperti pada tahap awal kesedihan setelah kehilangan orang yang dicintai, terutama jika perpisahan atau kematian tiba-tiba. Penyangkalan memungkinkan tubuh-pikiran kita untuk menyesuaikan diri dengan goncangan secara lebih bertahap.

Penyangkalan juga membangun kohesi, terutama di antara orang-orang yang dicintai. Ini adalah kekuatan pemersatu antara pasangan, dan di antara keluarga, kelompok, atau partai politik. Kita mengabaikan hal-hal yang mungkin bisa menyebabkan pertengkaran, luka, atau perpisahan. Satu studi menunjukkan bahwa orang-orang akan memaafkan seorang anggota geng empat hingga lima kali lebih banyak daripada orang asing. Idealisasi mendukung penyangkalan dan membutakan kita terhadap apa pun yang dapat merusak rasa hormat terhadap pasangan, anggota keluarga atau kelompok, atau pemimpin.

Kami menolak kenyataan untuk mempertahankan status quo karena takut akan perubahan dan yang tidak diketahui. Untuk alasan ini, orang percaya demonisasi imigran, atau ras lain, atau agama. Jika kita menyukai politisi atau mencintai pasangan yang curang atau kasar, kita mungkin mengabaikan kebenaran yang akan menciptakan kekecewaan dan / atau mengharuskan kita berjuang dengan perasaan tidak nyaman dan apa yang harus dilakukan. Pasangan yang tertipu mungkin lebih suka memercayai kebohongan daripada menghadapi situasi yang tidak dapat ditoleransi yang tidak hanya menyakitkan, tetapi itu dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan, seperti perceraian.

Kami membela ketidakbenaran dan kebohongan terang-terangan dari orang-orang yang ingin kami percayai. Kami tidak percaya pada informasi yang bertentangan dengan keyakinan kami (termasuk yang tidak disadari), dan bahkan akan berlipat ganda untuk mengurangi konflik batin atau "disonansi kognitif." Proses ini disebut Pemikiran termotivasi yang membantu mengatur emosi. Secara sadar dan tidak sadar, kami memilih informasi yang menegaskan keyakinan kami dan mengabaikan fakta yang tidak. Ketika kita telah menginternalisasi rasa malu, kita akan melakukan hal yang sama dengan umpan balik positif yang tidak sesuai dengan keyakinan negatif internal tentang diri kita sendiri. Harga diri rendah membuat sulit untuk menerima pujian, pujian, dan cinta. Jika kita percaya bahwa kita tidak layak menerimanya, pikiran kita sebenarnya dapat mengubah pujian menjadi kritik, dan kita tidak dapat diyakinkan sebaliknya!

Malu melahirkan penolakan di kedua korban dan pembohong. Ini adalah penyebab utama penyalahgunaan yang tidak dilaporkan - mengapa korban tidak mengungkapkan, meminimalkan, dan menyangkal hal itu dan mengapa pecandu tidak mencari bantuan. Kita mungkin mengabaikan hutang kita yang meningkat untuk menghindari hal yang sama untuk mengakuinya dan harus menurunkan pengeluaran atau standar hidup. Orang tua mungkin mencari cara lain untuk menghindari menerima tanggung jawab ketika anaknya mengintimidasi teman-temannya atau menjadi tinggi. Menghadapi kebenaran bisa membuat kita tersiksa, mungkin kehilangan, dan malu tentang perilaku atau kekurangan kita sendiri.

Saat kita dilatih untuk menyangkal

Luar biasa, sebagai anak-anak kita sering dilatih untuk menyangkal persepsi kita. Orang tua secara rutin bertentangan dengan persepsi anak-anak untuk memanipulasi mereka, untuk melindungi anggota keluarga lain, atau untuk menyembunyikan rahasia keluarga, seperti kecanduan; misalnya "Ayah (yang pingsan) ingin bermain dengan Anda; dia hanya lelah," atau "Film itu tidak diputar lagi (meskipun jelas)," atau "Adikmu tidak bermaksud memukulmu."

Orang tua juga menyangkal kebutuhan dan perasaan anak-anak, mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak atau tidak seharusnya merasakan cara tertentu atau membutuhkan atau menginginkan sesuatu. Anak-anak mengidealkan orang tua mereka dan harus beradaptasi untuk bertahan hidup. Mereka menyalahkan diri sendiri dan belajar untuk meragukan atau menyangkal persepsi, perasaan, keinginan, dan kebutuhan. Hal ini dapat menyebabkan rasa malu yang beracun yang secara tidak sadar mewarnai seluruh kehidupan dewasa mereka. Beberapa orang menekan atau menyangkal masa lalu mereka dan bersikeras bahwa mereka memiliki masa kecil yang bahagia untuk menghindari kebenaran yang menyakitkan.

Kami juga menyangkal masalah yang tumbuh di sekitar. Kami tidak akan menyadari bahwa ada sesuatu yang salah. Jika kita dilecehkan secara emosional sebagai seorang anak, kita mungkin tidak mengenali pelecehan atau keberatan terhadap penganiayaan. Kita mungkin akan disalahkan, atau memperkecil, memaafkan, atau merasionalisasikannya, misalnya "Ini salahku," "Sudah cukup dia mencintaiku," "Suamiku tidak bersungguh-sungguh," atau "Istri saya hanya memiliki melunakkan." Jika kita dianiaya, kita mungkin tidak memperhatikan atau melindungi anak kita yang sedang dianiaya. Jika kita tumbuh dengan alkoholisme, kita mungkin menormalkan kecanduan alkohol pasangan kita atau kita sendiri. Penolakan mempengaruhi generasi masa depan dan dapat menyebabkan keluarga dan seluruh kelompok untuk menanggung malu selama puluhan tahun yang sulit untuk diatasi. Ketika kita menghadapi kebenaran, kita dapat mencari bantuan dan mengganggu warisan itu.

Bagaimana kita dirugikan

Ketika kita menyangkal perasaan dan ingatan negatif, itu mematikan indera kita. Semua perasaan kita ditekan, termasuk sukacita dan cinta. Kita menjadi semakin mati rasa ketika hati kita tertutup. Demikian pula, ketika kita menyangkal keinginan dan kebutuhan kita, kenikmatan hidup kita berkurang. Kita mengorbankan keinginan kita dan hidup dalam keputusasaan yang tenang. Penolakan nilai kita mencegah kita dari menerima cinta dan mencapai tujuan kita atau mendapatkan kepuasan dari kesuksesan kita.

Terlebih lagi, ketika kita berulang kali mengabaikan kenyataan, masalah tumbuh. Menyapu sesuatu yang penting di bawah karpet membuatnya lebih sulit untuk diperbaiki nanti. Banyak orang takut kanker menunda biopsi, meskipun intervensi dini mengarah pada hasil yang lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk merawat kesehatan mental dan masalah perkawinan.

Jiwa kita tahu yang sebenarnya, dan ketidaknyamanan kita bisa bermanifestasi sebagai perilaku pasif-agresif atau kecanduan, kemarahan yang mengungsi atau sebagai masalah kesehatan fisik atau mental. Ini menunjukkan bahwa penolakan stres dan emosi negatif memiliki risiko kesehatan serius yang dapat menyebabkan serangan jantung, pembedahan, dan kematian.

Ketika suatu masyarakat menyangkal rasisme, korupsi, imoralitas, atau penyalahgunaan kekuasaan, lembaga-lembaga berisiko. Seperti halnya individu, masyarakat menjadi sakit. Orang menjadi mati rasa, mengembangkan rasa kesia-siaan, dan spiral yang terjadi kemudian memungkinkan yang terburuk dalam sifat manusia.

Bagaimana cara mengubahnya

Perubahan membutuhkan keberanian dan keinginan untuk hidup dalam kebenaran. Kita sering membutuhkan dukungan, terutama ketika ketakutan menghadapi sesuatu atau seseorang itu hebat. Takut akan rasa malu menyebabkan kecemasan yang tidak perlu. Bukan alasan yang baik untuk menunda, karena kita dapat mengatasi rasa malu.

* Menjadi lebih penuh perhatian melalui meditasi dan jurnal.

* Ketika Anda memiliki reaksi spontan terhadap pandangan yang berlawanan, ambil napas.
Dapatkan semua fakta. Anda tidak harus setuju, tetapi dengarkan opini alternatif
dan interpretasi fakta.

* Tantang asumsi dasar Anda. Dari mana keyakinan Anda berasal?
Apakah ini membantu? Mungkinkah orang yang masuk akal tidak setuju?

* Apakah Anda memiliki angan-angan tentang masalah ketika fakta membuktikan sebaliknya?

* Apakah Anda memaafkan, merasionalisasi, atau meminimalkan masalah atau menyembunyikannya dari orang lain?

* Jangan mengubur masalah, dan menganggap tidak ada yang memperhatikan. Alih-alih, bersedialah untuk memulai
percakapan yang sulit tentang subjek yang tidak nyaman.

* Ambil tindakan konstruktif untuk mengurangi kekhawatiran dan stres.

* Jangan menunda-nunda. Bicaralah dengan profesional tentang kekhawatiran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar